Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

0

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Apakah Anda tengah mencari langkah bisnis online dan dambakan mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda termasuk tengah mencari kesempatan bisnis yang dapat dikerjakan lewat internet?

Tenang, Anda berada di area yang tepat, dan Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di luaran sana yang tengah melaksanakan perihal serupa.

Termasuk saya…

Internet yang waktu ini menghidupkan dunia virtual, ternyata dapat mendorong kami untuk membangun bisnis bersama lebih cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama (full time bisnis online).

Nah, di sini saya dapat sharing pengalaman tentang bagaimana mengawali bisnis lewat internet, plus langkah-langkah yang diperlukan kala mengawali bisnis online, yakni hal-hal inti yang penting untuk dikerjakan agar bisnis Anda dapat segera dijalankan.

Untuk itu, ijinkan saya bercerita jualan online buat pemula

*) NB: Artikel ini memiliki kandungan 4000’an kata yang menjelaskan tentang “tips langkah bisnis online secara praktis”, yang kemungkinan terkecuali Anda baca sampai tuntas, dapat berfaedah dan mempengaruhi hidup Anda.

First Thing First – Catatan Pembuka

Bagi Anda yang tetap baru memulai, sebelum akan kami mengulas lebih lanjut, ada baiknya kami cobalah definisikan pernah apa itu bisnis online.

Menurut saya, bisnis apapun yang dikerjakan pakai sarana internet dapat dikatakan BISNIS ONLINE. Jadi makna BISNIS ONLINE itu sendiri sebenarnya dapat benar-benar luas.

Jika kami udah mempunyai bisnis yang dikerjakan secara offline, seperti membuka toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, lantas kami membuka termasuk di internet, itu dapat jadi bisnis online.

Begitu termasuk kala kami dambakan fokus membangun website untuk dikembangkan jadi portal online yang terlalu mungkin banyak orang yang berkunjung, lantas kami pasangi slot iklan untuk mendapatkan penghasilan, itu termasuk dapat disebut bersama bisnis online.

Baca: pengertian bisnis online Jualan online
Jadi begini ceritanya: flashback – di mulai pada tahun 2009

Saya tetap ingat, pernah waktu pertama kali mengawali bisnis online segala sesuatunya terlihat seperti absurd. Banyak keraguan…

Lalu, keluar lah pertanyaan-pertanyaan di didalam diri seperti:

Bisa nggak ya bisnis online itu dijalankan?
Cocok apa nggak ya buat saya lakukan?
Langkah apa saja yang mesti saya tempuh agar dapat jalan?
Berapa modal yang dapat dibutuhkan?
… dan segudang pertanyaan lainnya.
Beberapa bisnis yang udah pernah melaksanakan via online, antara lain jualan pulsa, menjual handphone, menjual minyak atsiri, real estate properti, menjual busana batik, menjual product herbal, menjual product digital, dan sarana pembuatan website.

Beberapa ada yang saya teruskan, dan lebih dari satu termasuk mandeg.

Nah, berasal dari pengalaman saya tersebut, walau tidak ada patokan tentu langkah-langkah seperti apa yang sebenarnya mesti dilakukan, menurut saya secara singkat ada 5 perihal utama yang dapat kami persiapkan.

Apa saja itu?

Cara Bisnis Online Bagi Pemula
Berikut ini adalah lebih dari satu langkah langkah mengawali bisnis online yang dapat diterapkan bagi pemula.

Tahapan awalan ini cenderung banyak berhubungan bersama langkah menjajakan via internet, penjabarannya adalah sebagai berikut, tetaplah menyimak…

#1 – Miliki Mindset Bisnis Yang Benar
mindset bisnis online
Kata-kata itu kemungkinan udah sering kami dengar, tetapi ingat, yang hendak kami melaksanakan adalah membangun BISNIS, agar mempunyai mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah PENTING.

Baca juga: Membangun mindset yang benar tentang bisnis online.

Kita termasuk mesti berpikir untuk membangun aset, di mana aset itu nantinya yang dapat bekerja untuk kita.

Jangan sampai kala kami udah berhasil membangun bisnis sampai kesusahan payah, tetapi kelanjutannya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kami mengurus bisnis.

Anda sudah pasti termasuk dambakan mempunyai waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melaksanakan hal-hal berfaedah lainnya bukan?

Jika Anda tetap bekerja pada bisnis Anda, maka Anda adalah karyawan pada bisnis Anda sendiri.

Tetapi terkecuali yang Anda melaksanakan adalah bagaimana sebabkan bisnis Anda semakin berkembang, seperti berasal dari 1 jadi 2, berasal dari 2 jadi 10, dst, maka Anda adalah pebisnis.

#1.1 – Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online
Sama seperti tipe bisnis lainnya, kala kami mengambil keputusan untuk membangun bisnis online sudah pasti ada lebih dari satu perihal yang mesti kami perhatikan, seperti:

Modal.
Produk yang dapat dijual.
Pasar yang dapat disasar.
Strategi pemasaran.
Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.
Untuk itu, sebelum akan mengayalkan hal-hal tersebut, mari benahi pernah mindset kita, yakni langkah berpikir kita.

Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh mutu privat manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis, dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.

Kita dapat saja mempunyai keahlian sebabkan suatu website yang canggih, bersama beraneka fitur dan tampilan yang keren, atau dapat saja kami benar-benar pakar didalam suatu bidang.

Namun terkecuali kami tidak mempunyai visi pada kemampuan kami sendiri, tidak mempunyai motivasi untuk studi dan bertahan, ya mirip saja, bisnis kami dapat segitu-segitu saja.

Niatkan agar bisnis kami nanti dapat memberikan faedah bagi orang-orang di kurang lebih kita, dan termasuk bagi kebaikan sesama.

Dengan begitu, Anda dapat lebih ringan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.

#1.2 – Tujuan Kita Berbisnis
Menurut saya, obyek utama kami didalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, termasuk agar dapat melayani lebih banyak orang dan lebih berfaedah bagi sesama. Betul?

Oiya, Anda termasuk dapat membaca artikel tentang tips bisnis yang pernah saya tulis di halaman lain didalam blog ini. Silakan klik:

Hal-hal yang mesti diperhatikan kala mengawali bisnis online.
Macam-macam bisnis online yang benar-benar online.
Kembali ke atas ▲

#2 – Mulai Dengan Jualan
riset produk, bisnis online
Langkah kedua, adalah putuskan apa yang berkenan Anda jual.

Kenapa saya bilang “putuskan apa yang berkenan Anda jual“, dan bukan “putuskan apa yang berkenan Anda bisniskan” ??

Ya, seperti yang saya singgung sebelumnya, tahapan awalan ini dapat lebih banyak berhubungan bersama jualan, karena sebelum akan benar-benar kami meniti suatu siklus bisnis, kami mesti berlatih menjual. Khususnya didalam perihal ini adalah jualan lewat internet.

Nah, pikirkan, kurang lebih apa yang berkenan Anda menawarkan ke orang lain lewat sarana online. Resepnya, silahkan catat, ini penting…

#2.1 – Bagaimana Cara Menemukan Ide Produk?
Pas udah motivasi berkenan jadi bisnis dan jualan, seringkali kami tambah bingung, berkenan jualan apa ya?

Ehm, pernah mengalami perihal ini?

Nah, berikut ini adalah lebih dari satu tips langkah menemukan ide product yang berkenan dijual. Mulailah bersama yang simple-simple saja dulu.

Carilah apa yang diperlukan oleh masyarakat, carilah apa yang diperlukan oleh orang-orang di kurang lebih kita.
Kita adalah gangguan solver, kami adalah perantara solusi berasal dari permasalahan orang-orang.
Tukar faedah yang dapat kami berikan, jadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
Kebanyakan orang tidak benar langkah pada tahapan ini.

Mereka benar-benar berfokus pada produknya dulu, bukan pada keperluan orang-orang, agar bahkan banyak yang tumbang sebelum akan mencapai penjualan pertama.

Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa kemungkinan carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang perlu atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, tetapi terkecuali product kami yang perlu benar-benar sedikit atau pasarnya sempit, umumnya kami dapat ringan menyerah karena dagangan tidak kunjung laku. *pengalaman pribadi*

Maksud saya, rasanya kesibukan jualan dan bisnis kami dapat lebih jadi greget serta menggairahkan terkecuali dikit-dikit HP kami berbunyi atau INBOX e mail kami penuh bersama e mail pemesanan product / jasa kita.

Ya atau ya…?

#2.2 – Apa Saja Produk Yang Bisa Dijual Secara Online?
Mengenai tipe produknya, dapat berupa product fisik, jasa, ataupun digital.

Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, tempat tinggal dan bangunan, dan apa saja yang dapat Anda tangkap.
Contoh product digital, dapat berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
Contoh jasa, dapat bersama sediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.
Tidak usah benar-benar detil, yang penting Anda mempunyai deskripsi besar tentang rencana Anda dan sadar pola pemasaran online.

Nah, berdasarkan pengalaman saya juga, langkah ke-2 ini adalah yang terberat.

Mengapa?

Karena kami mesti menyusun rencana usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan berkenan nggak berkenan termasuk mesti studi pengetahuan bisnis.

Biasanya halangan yang keluar pada fase ini adalah, kadang kami dambakan segala sesuatu sempurna. Dan dapat ditebak, kelanjutannya tambah nggak jalan-jalan.

Kalau saya boleh berikan masukan, untuk tahapan ini Anda tidak usah benar-benar detail dulu. Anda mesti berkenan untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan kemungkinan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *