Hampir semua dari kita membutuhkan minuman untuk bangun di pagi hari sebelum memulai hari, bagi sebagian dari kita itu teh tetapi bagi kebanyakan dari kita itu secangkir kopi favorit kita. Jadi bagaimana cara mendapatkan secangkir kopi yang sempurna? Berapa banyak dari kita yang tahu bagaimana secangkir kopi yang sempurna itu muncul? Begini caranya-Proses untuk mencapai secangkir kopi yang sempurna dimulai dengan sortasi dan grading biji kopi. Langkah kedua adalah pemanggangan biji kopi kemudian penggilingan dan akhirnya penyeduhan.

Ada metode yang berbeda untuk menyeduh Kopi Gayo dan setiap metode membutuhkan gilingan kopi yang berbeda dan sebaliknya. Oleh karena itu sebelum seseorang membeli penggiling kopi, seseorang harus memutuskan jenis minuman apa yang diinginkannya. Jika seseorang menginginkan kopi dengan waktu penyeduhan yang singkat seperti espresso, seseorang membutuhkan penggilingan yang lebih halus, namun jika seseorang menginginkan kopi yang membutuhkan waktu penyeduhan yang lama seperti French press, seseorang harus menggunakan penggilingan yang lebih kasar. Namun yang paling penting untuk diingat adalah rasa dan aroma kopi akan hilang jika biji kopi tidak digiling.

Menggiling biji kopi sendiri sebenarnya cukup mudah asalkan seseorang memiliki pabrik kopi atau penggiling kopi. Penggiling kopi atau penggiling kopi disebut juga burr grinder. Penggiling duri menghasilkan penggilingan yang seragam dan merata. Ada berbagai penggiling kopi yang tersedia saat ini; ada yang manual ada juga yang elektronik. Tapi dengan gaya hidup serba cepat saat ini penggunaan penggiling kopi manual berjalan dalam jumlah yang rendah sementara versi elektronik sedang meningkat karena keuntungan yang jelas. Mereka cepat dengan penggilingan yang mudah dan juga mudah dirawat dan dijaga kebersihannya. Namun fitur dan keuntungan yang paling penting adalah panas yang lebih rendah yang dihasilkan oleh penggilingan duri sehingga menjaga keaslian rasa biji panggang. Harga Kopi Gayo

Ada juga penggiling kopi yang dikenal sebagai penggiling pisau. Sesuai dengan namanya, penggiling terdiri dari dua bilah logam yang berputar dengan kecepatan tinggi. Pisau melakukan tiga hal yang berbeda pada biji pada saat yang sama; yaitu memotong, mencacah dan menghancurkan. Namun karena ketiga gerakan ini, panas yang dihasilkan oleh bilah cenderung mengubah dan mengubah rasa asli biji kopi yang dipanggang. Di sisi lain biaya bijaksana seperti pabrik kopi cukup murah. Tetapi karena kesamaan penggiling kopi ini dengan blender kita sehari-hari, orang cenderung menggunakannya secara multiguna, namun ini tidak disarankan karena kopi mudah mengambil rasa lain dan siapa yang ingin minum kopi yang berbau dan berasa seperti jahe/bawang putih. 

Pabrik kopi manual juga dikenal sebagai penggiling kotak atau penggiling antik atau tangan. Penggilingan kopi jenis ini memiliki jenis bilah baling-baling yang dipasang di dalam kotak kayu karena itulah namanya. Pabrik kopi ini memiliki pintu kecil di bagian atas tempat biji kopi ditambahkan dan setelah melewati bilah, kopi bubuk akan disimpan ke dalam laci kecil di dasar pabrik kopi. Penggiling kotak hanya cocok untuk penggilingan kasar dan bukan penggilingan halus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *